Bagaimana Saya Melindungi Diri dari Sinar Ultraviolet UV?

Sebagian besar kasus kanker kulit disebabkan oleh paparan radiasi UVA yang berlebihan. Beberapa kasus juga disebabkan oleh paparan radiasi UVB yang berlebihan. Paparan radiasi UV yang berlebihan menyebabkan kerusakan DNA dalam sel, yang dapat menyebabkan kanker kulit. Kanker kulit dapat terjadi di bagian tubuh mana saja, termasuk wajah, kulit kepala, leher, lengan, dada, punggung, kaki, tangan, kaki, bibir, dan alat kelamin.

Radiasi UV datang dalam dua bentuk: UVA dan UVB. Baik UVA dan UVB berbahaya bagi kulit Anda, tetapi UVA kurang merusak dibandingkan UVB. Namun, sinar UVA dapat menembus lebih dalam ke dalam kulit daripada sinar UVB, sehingga Anda mungkin akan lebih terbakar sinar matahari jika Anda menghabiskan waktu di luar ruangan selama jam-jam puncak sinar matahari. Anda harus selalu memakai tabir surya saat keluar di bawah sinar matahari. Jika Anda tidak yakin apakah Anda membutuhkan tabir surya, tanyakan kepada dokter Anda.

Apakah sinar matahari memiliki manfaat?

Vitamin D dibuat ketika kulit kita terkena sinar ultraviolet. Anda bisa mendapatkan cukup vitamin D melalui sinar matahari langsung atau melalui makan makanan tertentu seperti salmon, tuna, susu, keju, kuning telur, jamur, hati, minyak ikan cod, dan ikan berlemak. Namun, jika Anda menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan, Anda mungkin tidak mendapatkan cukup vitamin D. Jadi, Anda harus mencoba keluar setidaknya 10 menit setiap hari. Jika Anda khawatir akan terbakar, kenakan tabir surya dan pakaian pelindung, serta batasi aktivitas di luar ruangan hingga pagi atau sore hari.

Sinar UV dan vitamin D

Vitamin D membantu melindungi tulang dari patah tulang. Ini juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh kita tetap sehat. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengurangi risiko jenis kanker tertentu. Namun, belum ada cukup bukti untuk mengatakan apakah mengonsumsi vitamin D ekstra benar-benar akan mencegah kanker. Dokter menyarankan untuk mendapatkan setidaknya 600 IU vitamin D setiap hari jika Anda belum mendapatkan cukup vitamin D melalui makanan seperti ikan berlemak dan telur.

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan fungsi kekebalan tubuh. Jika Anda kekurangan, Anda mungkin mengalami kelemahan otot, kelelahan, dan depresi. Anda juga mungkin mengalami kesulitan menyerap kalsium dan zat besi, dan Anda bisa memiliki peningkatan risiko infeksi seperti pneumonia. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin D meningkatkan risiko kanker payudara. Namun, tidak ada cukup bukti untuk mengatakan apakah mengonsumsi suplemen vitamin D mengurangi risiko mengembangkan jenis kanker apa pun.

Sinar matahari merupakan sumber penting vitamin D. Vitamin D membantu melindungi dari berbagai jenis kanker termasuk payudara, usus besar, prostat, ovarium, paru-paru, pankreas, perut, hati, ginjal, kandung kemih, darah, tulang, serviks, rahim, endometrium, vulva , testis, tiroid, otak, kepala dan leher, melanoma, kulit non-melanoma, dan kanker lainnya. Jika Anda menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, terutama selama bulan-bulan musim panas, Anda harus mengenakan pakaian pelindung dan mengoleskan tabir surya setiap hari.

Apa yang mempengaruhi paparan sinar UV?

American Academy of Dermatology merekomendasikan bahwa semua orang dewasa dan anak-anak di atas 6 bulan memakai tabir surya spektrum luas setiap hari, sebaiknya dengan SPF 15 atau lebih tinggi. Orang dewasa dan anak-anak di atas 1 tahun yang memiliki kulit putih dan menghabiskan waktu di luar selama jam sibuk 10 pagi hingga 4 sore harus mempertimbangkan untuk mengenakan topi dan kacamata hitam.

Bagaimana saya bisa menghindari efek berbahaya dari matahari?

Saat Anda pergi ke luar, oleskan tabir surya setiap hari. Gunakan setidaknya SPF 30, bahkan jika Anda menghabiskan sepanjang hari di dalam ruangan. Tabir surya melindungi dari sinar UVA dan UVB. Jangan lupa untuk mengoleskan kembali setelah berenang atau berkeringat. Dan ingat untuk menutupi! Kenakan baju lengan panjang dan celana panjang, serta topi. Jika Anda berencana untuk tinggal di luar selama lebih dari 15 menit, bawalah payung besar.

Saat Anda berada di bawah sinar matahari, kenakan tabir surya. Ini melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang merusak. Cari produk berlabel SPF 30 atau lebih tinggi. Jika Anda akan menghabiskan waktu di dalam air, kenakan pakaian renang di bawah pakaian Anda. Pakaian selam akan membuat Anda tetap hangat saat berenang.

Lindungi diri Anda dari sinar matahari

Sinar matahari adalah sumber utama radiasi ultraviolet. Anda perlu melindungi diri dari jenis cahaya ini. Tabir surya adalah metode yang efektif untuk melindungi diri dari sinar UV. Tetapi ada cara lain untuk mengurangi risiko kanker kulit. Jangan keluar saat jam sibuk. Jika Anda harus keluar, kenakan baju lengan panjang dan celana panjang, dan tutupi kepala Anda dengan topi. Hindari keluar rumah pada siang hari, saat matahari paling kuat. Jauhi tanning bed. Perangkat ini memancarkan tingkat sinar UV yang berbahaya. Gunakan tabir surya setiap hari. Terapkan sebelum Anda meninggalkan rumah, dan sering ulangi.

American Academy of Dermatology merekomendasikan bahwa semua orang yang menghabiskan waktu di luar memakai tabir surya spektrum luas dengan SPF 15 atau lebih tinggi setiap hari, terlepas dari apakah mereka akan berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang singkat atau selama beberapa jam.

Selain menggunakan sunblock, tersedia juga banyak produk yang akan membantu melindungi kulit Anda dari efek buruk sinar matahari. Ini disebut lotion SPF, krim, dan semprotan. Beberapa di antaranya bahkan diberi label “tahan air” untuk memastikan Anda tidak terbakar saat berenang. Namun, tetap penting untuk diingat bahwa produk ini tidak 100% efektif, jadi Anda harus selalu menggunakan tabir surya sebelum pergi ke luar ruangan.

Gunakan tabir surya

Tabir surya bukan hanya tentang melindungi kulit Anda dari sinar matahari. Ini juga melindungi mata Anda dari sinar UV yang berbahaya. Saat menggunakan tabir surya, ingatlah untuk mengoleskannya cukup untuk menutupi area terbuka Anda, termasuk wajah dan leher Anda. Jika Anda akan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan, pertimbangkan untuk mendapatkan resep tabir surya SPF 30+. Anda mungkin perlu mengajukan permohonan kembali setiap dua jam saat berenang atau berkeringat banyak. Pastikan untuk memakai kacamata hitam saat Anda berada di bawah sinar matahari. Kacamata hitam memblokir 100% radiasi UVA dan UVB, yang berarti Anda tidak akan membakar mata Anda.

Oleskan tabir surya ke seluruh tubuh secara rutin selama Anda dibawah terik sinar matahari
Pakai tabir surya secara rutin selama masih dibawah sinar matahari

Tabir surya hadir dalam berbagai bentuk. Lotion, krim, minyak, dan gel adalah contoh produk tabir surya. Tabir surya juga bisa datang dalam bentuk semprotan, seperti semprotan aerosol, atau dalam bentuk lap, seperti lap bayi. Beberapa perusahaan kosmetik bahkan memasukkan tabir surya ke dalam lip gloss. Riasan yang mengandung tabir surya biasanya diberi label seperti itu, tetapi Anda perlu membaca label dengan cermat. Jika tidak disebutkan tabir surya, maka itu tidak mengandung apapun. Anda harus selalu memeriksa ulang sebelum mengoleskan apa pun ke wajah Anda.

SPF adalah singkatan dari Sun Protection Factor. Tabir surya dengan SPF 10 memblokir sekitar 90% radiasi ultraviolet B (UVB), sedangkan SPF 25 memblokir 95% UVB. SPF 50 memblokir 98% UVB, dan SPF 100 memblokir 99% UVB. Namun, tidak ada tabir surya yang akan melindungi Anda sepenuhnya. Bahkan jika Anda menerapkan tabir surya yang cukup untuk memblokir semua sinar UVB, kulit Anda tetap perlu memproduksi vitamin D secara alami melalui paparan sinar matahari.

Produk tabir surya hanya bisa disebut “spektrum luas” jika mengandung setidaknya dua bahan aktif yang menghalangi sinar UVA dan UV B. Bahan-bahan ini termasuk avobenzone, seng oksida, dan titanium oksida. Produk yang hanya mengandung satu dari tiga bahan ini akan tetap diberi label “spektrum luas” meskipun mungkin tidak menawarkan perlindungan terhadap semua jenis radiasi ultraviolet.

Label tabir surya tidak boleh mengatakan “tahan air” atau ‘tahan keringat’. Istilah ini bisa menyesatkan. Beberapa tabir surya dapat mengklaim menawarkan ketahanan air, tetapi mereka harus menentukan jenis ketahanan air apa yang mereka berikan. Misalnya, suatu produk mungkin mengatakan bahwa ia menawarkan “ketahanan air selama 30 menit”, yang berarti produk tersebut akan mempertahankan keefektifannya selama 30 menit setelah basah. Tapi itu tidak berarti melindungi Anda dari sinar UV yang berbahaya saat Anda berenang atau berolahraga. Label yang bertuliskan “tahan air” berarti memberikan perlindungan penuh dari sinar UVA dan UVB setidaknya selama 80 menit.

Produk tabir surya kedaluwarsa setelah jangka waktu tertentu. Anda harus memeriksa tanggal kedaluwarsa pada produk tabir surya Anda untuk memastikannya masih efektif. Sebagian besar tabir surya bertahan sekitar dua hingga tiga tahun, tetapi Anda mungkin harus mengocok botol untuk mencampur bahan lagi. Jika Anda menyimpan tabir surya di ruang tertutup untuk waktu yang lama, seperti kotak sarung tangan atau koper, itu bisa kehilangan efektivitasnya.

Pastikan untuk menerapkan tabir surya dengan benar

Selalu oleskan tabir surya dengan murah hati. Perhatikan baik-baik wajah dan leher Anda, terutama jika Anda akan berada di bawah sinar matahari sepanjang hari. Jangan lupakan bibirmu! Lip balm dengan tabir surya tersedia. Jika Anda memakai obat nyamuk atau kosmetik, kenakan tabir surya sebelum yang lainnya.

Tabir surya perlu dioleskan ke kulit Anda sebelum pergi ke bawah sinar matahari. Anda harus menerapkan cukup untuk menutupi semua area tubuh Anda yang terbuka, termasuk wajah, tangan, kaki, telinga, bibir, mata, kulit kepala, dan belakang leher Anda. Oleskan kembali tabir surya setelah berenang atau berkeringat. Jika Anda tidak yakin apakah Anda telah menutupi semua area yang terbuka, periksa diri Anda di cermin.